Photo Photo Photo Photo
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon

Dangdanggula, 13 Bait. Pupuh ini diawali oleh kalimat Bismillahi rakhman nirakhim. menceritakan lolosnya Walangsungsang putra Prabu Siliwangi, Raja Padjajaran, yang berkeinginan mencari agama Nabi Muhammad

Perjalanan hidup seorang individu dibedakan kedalam tingkatan-tingkatan tertentu, diantaranya adalah masa hamil, masa bayi, masa penyapihan, masa kanak-kanak, masa akil balig/remaja, masa sesudah menikah, masa tua, dan sebagainya.

Gallery Video

Kurs IDR
Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com
Whois Counter

Krupuk Mlarat

Kerupuk sambel mungkin bisa dikategorikan juga sebagai makanan khas Cirebon, walau tidak sepopuler Empal Gentong, Nasi Jamblang, Nasi Lengko, Tahu Gejrot, atau Docang. Kerupuk sambel merupakan makanan (jajanan) anak-anak yang sangat sederhana yang bahan-bahannya dapat diperoleh dengan mudah. Kerupuk sambel dibuat dengan cara menyiram "kerupuk melarat" (kerupuk khas Cirebon, biasanya disajikan dalam warna merah, putih atau terkadang ada juga warna kuning), dan soun (opsional) yang disiram dengan sambal oncom encer. Oncom yang dimaksud adalah oncom dalam bahasa Sunda, atau dage dalam bahasa Cirebon, hati-hati jangan sampai tertukar, dalam bahasa Cirebon oncom berarti tempe. Pedasnya sambel oncom ditambah kriuk dan rasa kerupuk melarat yang agak manis, ditambah kenyal dan tawarnya soun, menjadikan kerupuk sambel ini mantap dan segar untuk dinikmati.

Krupuk mlarat
Krupuk mlarat adalah salah satu makanan khas cirebon dengan cuaca yang panas.makanan ini disajikan dengan menambahkan sambal asam.jajanan krupuk mlarat sangat cocok pada musim panas , selain menambah selera makan juga dapat membangkitkan semangat kerja. krupuk adalah bahan dasarnya, dengan bentuk seperti tali rapia yang ruwet (urak-urakan) dengan beragam warna, di antaranya merah mudah, kuning, putih, dan hijau. mlarat berarti miskin. krupuk mlarat digoreng tidak memakai minyak goreng, tapi memakai pasir yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, yang melalui proses pengeringan, dan penyaringan dengan cara di ayak.

 
English Chinese (Simplified) French Indonesian Japanese
Kepala Disporbudpar
hj.hayat.jpg