Photo Photo Photo Photo
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon

Dangdanggula, 13 Bait. Pupuh ini diawali oleh kalimat Bismillahi rakhman nirakhim. menceritakan lolosnya Walangsungsang putra Prabu Siliwangi, Raja Padjajaran, yang berkeinginan mencari agama Nabi Muhammad

Perjalanan hidup seorang individu dibedakan kedalam tingkatan-tingkatan tertentu, diantaranya adalah masa hamil, masa bayi, masa penyapihan, masa kanak-kanak, masa akil balig/remaja, masa sesudah menikah, masa tua, dan sebagainya.

Gallery Video

Kurs IDR
Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com
Whois Counter

Meubel Rotan

CIREBON seharusnya tak lagi hanya disebut sebagai kota udang, khususnya di wilayah III Cirebon. Pasalnya, yang justru berkembang pesat di sini bukan bisnis per-udang-an, tetapi mebel rotan. Lihat saja lima kabupaten di wilayah itu, yakni Kuningan, Majalengka, Indramayu, Cirebon, dan Kota Cirebon, yang nyaris di beberapa sudutnya dengan mudah dapat ditemukan perusahaan atau industri rotan rumahan.

Di antara hamparan sawah berdiri perusahaan-perusahaan mebel rotan yang dikelilingi tembok-tembok tinggi. Masuk lagi ke dalam jalan-jalan kecil, seperti di Desa Karangsari, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, pemandangan kegiatan pembuatan mebel rotan menjadi hal yang amat biasa.

Bisnis mebel rotan dan denyut Cirebon seakan tak terpisahkan. Kini, lebih dari 400.000 orang penduduk menggantungkan hidup dari mebel rotan. Walau kerajinan rotan bukan barang baru bagi masyarakat setempat, puncak kejayaan mebel rotan terjadi pada saat pemerintah menghentikan ekspor rotan asalan-bahan baku mebel rotan-tahun 1986.

Menurut data realisasi ekspor mebel rotan Cirebon saja-tidak termasuk kerajinan tangan yang umumnya berbahan baku limbah mebel rotan-dari tahun ke tahun grafiknya bergerak naik. Menurut catatan Asosiasi Industri Permebelan & Kerajinan Indonesia (Asmindo) Komisariat Daerah Cirebon yang dikutip dari sumber data Depperindag Kabupaten Cirebon tahun 1999 tercatat senilai 84,38 juta dollar AS, tahun 2000 menjadi Rp 91,55 juta dollar, tahun 2003 sebesar 101, 67 juta dollar, dan tahun 2004 sekitar 116,57 dollar AS.

Semua itu baru nilai ekspor mebel rotan yang berasal dari Cirebon dan tidak termasuk mebel rotan buatan Cirebon yang diekspor melalui Jakarta atau kota lainnya di Indonesia.

 
English Chinese (Simplified) French Indonesian Japanese
Kepala Disporbudpar
drs.abidin1.jpg