Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon

Dangdanggula, 13 Bait. Pupuh ini diawali oleh kalimat Bismillahi rakhman nirakhim. menceritakan lolosnya Walangsungsang putra Prabu Siliwangi, Raja Padjajaran, yang berkeinginan mencari agama Nabi Muhammad

Perjalanan hidup seorang individu dibedakan kedalam tingkatan-tingkatan tertentu, diantaranya adalah masa hamil, masa bayi, masa penyapihan, masa kanak-kanak, masa akil balig/remaja, masa sesudah menikah, masa tua, dan sebagainya.

Kepala Disporbudpar

kadis_dana.jpg

Gallery Video

MASRES DAN PERKEMBANGANNYA

Sebelum masyarakat Cirebon mengenal seni Masres, awalnya mereka lebih mengenal pertunjukkan Seni Reog Cirebon sebagai cikal bakal seni Masres. Kemudian sebagai akibat dari pengaruh sandiwara dengan mempergunakan layar dari bahan... Read more

TEATER TRADISIONAL SEBAGAI SUMBER PENCIP

Apakah bentuk kesenian yang baru harus jelas sumbernya? apakah sesuatu yang baru harus senantiasa bersumber dari yang telah lama ada? Dua pertanyaan di atas, kalau dijawab dalam konteks kreativitas berkesenian, akan... Read more

KEBANGKITAN SENI MODERN LAHAN PARIWISATA

Sekelumit perenungan tentang dunia kepariwisataan di dalam mempersiapkan aset atau potensi kepariwisataan yang ada di daerahnya masing-masing, lewat rumusan atau konsep pengkemasan dan promosi yang gencar, masih terus bergelut dengan... Read more

DILEMATIK POLA PEWARISAN SENI TRADISIONA

Punah, barangkali kalimat punah merupakan kalimat yang demikian akrab dan kental jika diarahkan terhadap keberadaan seni tradisi yang pernah hidup dan berkembang di negeri ini. Begitu pentingkah kata-kata punah untuk... Read more

“ BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERS

(Keadaan seni pertunjukan dewasa ini tidaklah dapat dikatakan menggembirakan. Di satu fihak, seni-seni etnik tradisional yang bermutu tinggi mengalami kemunduran bahkan kemusnahan. Di fihak lain seni-seni pertunjukan baru belum mendapat... Read more

Kultur Budaya

Dalam percakapan sehari-hari, konsep kebudayaan sering diartikan secara sempit sebagai sesuatu hasil karya manusia yang berbau keindahan, seperti kesusasteraan, berbagai ragam dan bentuk kesenian dan upacara adat serta bermacam-macam benda... Read more

Tarling

Tarling

Kesenian yang kemudian dikenal dengan nama Tarling,  pada awalnya hanya berupa permainan anak-anak muda di kala melepas lelah setelah seharian bekerja. Saat itu, pada masa akhir pendudukan Jepang dan memasuki... Read more

Topeng

Topeng

Topeng Cirebon, demikian sebutan yang dikenal di Jawa Barat, adalah salah satu genre tari yang berkembang di daerah pantai utara Jawa Barat, dari Cirebon sampai ke Banten. Genre tari ini... Read more

Wisata Belanja

1. MALL atau SUPER MARKET
A SHOP HOUSES / RUKO dengan Konsep Tematik di Area CSB
ruko ekslusif berdesain modern dan menarik baik eksterior maupun interiornya yang memberi nuansa elegan di setiap tipe - tipenya. dengan jumlah total unit: 173 unit, terdiri dari: Ruko Berry Green, ruko Green Ville, ruko Gold Sunset, ruko Orange Blossom, ruko Chelsea Blue, ruko Yellow Ribbon, ruko gerry Red dan ruko Bay Coral.

B. GRAND JATRA HOTEL CIREBON
“… an exquisite atmosphere embrace you with all indulgence it can offers…” dengan konsep 4 lantai berada di atas bangunan mall yaitu GRAND JATRA HOTEL. Hotel ekslusif berbintang dengan kamar berstandar internasional ini memiliki fasilitas terlengkap seperti swimingpool, tempat fitness gym & spa, ruang serba guna, ruang meeting, restoran internasional dan lobby lounge bar yang di bangun dan desain untuk memanjakan para tamu yang mengutamakan kualitas dan pelayanan terbaik, ditambah dengan akses langsung ke shopping mall yang dapat memudahkan para tamu untuk berbelanja.

C. OFFICE PARK
A grandeaur Office Park with international landmark theme. Yakni sebuah Office Park lima lantai dengan desain unik, dimana terinspirasi dari berbagai elemen bangunan-bangunan monumental di dunia, seperti perpaduan gaya seni arsitektur Italia, Yunani sampai gaya bangunan Amerika dan Timur Tengah. Dengan menghadap jalan utama Kota Cirebon yakni jalan Dr. Cipto Mangunkusumo. Bangunan ini sangat menarik dan “menonjol” di antara bangunan - bangunan lainnya yang ada di kota Cirebon. Office Park ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung berstandar internasional.

D. Tenda CSB
Tempat hang out muda mudi Kota Cirebon dan sekitarnya untuk berkumpul dan menikmati wisata kuliner dengan jumlah tenant terbanyak di Jawa Barat.tepatnya di Jl. Cipto Mangunkusumo atau Exs Bamgunan Kompi Brimob.

E. CSB Mall, Family Shopping Mall pertama di Cirebon
CSB Mall mempunyai slogan "One Stop Shopping", yang memberikan kenyamanan dan kesenangan jadi dapat dibayangkan suatu tempat dimana dapat melakukan segala kegiatan berbelanja. Supermarket yang lengkap dengan segala kebutuhan sehari-hari, sampai toko-toko yang menyediakan segala sesuatu yang diinginkan untuk memanjakan diri dan mengikuti trend masa kini, semua tersedia di shopping mall yang akan memberi warna tersendiri pada kota Cirebon. Dengan konsep 4 lantai dengan fasilitas gedung parkir 4 lantai yang dapat menampung 1800 unit kendaraan roda empat, sehingga CSB mall masuk dalam katagori mall kelas A yakni setara dengan mall Taman Anggrek, mall Kelapa Gading dan Plaza Senayan di Jakarta. Untuk Mall ini sendiri sudah bergabung: Anchor Tenant HYPERMART terletak di lower ground floor, Dept Store MATAHARI type A mengambil 2 lantai terletek di ground floor dan upper ground floor, STUDIO XXI bioskop dengan kualitas gambar dan suara terbaik saat ini. CSB Mall merupakan pusat life syle dan entertainment di jantung kota Cirebon adalah bagian penting dalam kawasan bisnis terpadu Cirebon Superblok. Hypermart yang luas, pusat hiburan dan permainan keluarga dengan teknologi terbaru, toko, resto, café dan fasilitas penunjang yang lengkap akan menjadikan CSB mall sebagai tempat belanja utama masyarakat cirebon dan sekitarnya.

• 2. Grage Mall
Bertempat di Jalan Tentara Pelajar No 1 Cirebon. Grage Mall merupakan sebuah pusat perbelanjaan besar dengan konsep modern. akses yang mudah karena berada di pusat Kota Cirebon menjadikannya sebagai landmark Kota Cirebon. di dalamnya terdapat Food Court, Timezone, Gramedia, Matahari, Bioskop Grage 21 yang menampilkan film - film terbaru baik itu dalam negeri dan luar negeri.

• 3. Carrefour
Beralamat di Jl. Raya Cipto Mangunkusumo No 234 Kota Cirebon. Pusat perbelanjaan yang terletak persis di sebelah Cirebon Super block ( CSB ). Menyediakan berbagai macam kebutuhan lengkap sehari - hari warga Cirebon dan sekitarnya. karena letaknya berada di pusat Kota Cirebon, menjadikannya sebagai salah satu tujuan belanja favorit warga Cirebon dan sekitarnya.

• 4. Plaza Yogya Siliwangi
Plaza Yogya Siliwangi menyediakan berbagai macam kebutuhan lengkap sehari - hari warga Cirebon dan sekitarnya. Plaza Yogya Siliwangi merupakan pilihan yang tepat untuk berbelanja.

• 5. Plaza Yogya Grand center
Plaza Yogya Grand center menyediakan berbagai macam kebutuhan lengkap sehari - hari warga Cirebon dan sekitarnya. Plaza Yogya Grand center merupakan pilihan yang tepat untuk berbelanja.

• 6. Rajawali Trade Center
Bertempat di wilayah perum Kota Cirebon. Letaknya yang strategis menjadikan plaza Rajawali Trade Center sebagai tempat berbelanja. Menyediakan berbagai macam kebutuhan lengkap sehari - hari warga Cirebon dan sekitarnya sehingga menjadikannya pilihan yang tepat untuk berbelanja.

• 7. Giant Hypermarket
Terletak di jalan By pass Kota Cirebon. Pusat perbelanjaan yang berada di sekitar area Stadion Bima, Kota Cirebon ini menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari - hari warga Cirebon. Letaknya yang sangat strategis menjadikan Giant Hypermarket cirebon menjadi salah satu tujuan belanja warga favorit warga Cirebon dan sekitarnya.

• 8. Plaza Pusat Grosir Cirebon ( PGC )
Bertempat di pasar pagi Kota Cirebon. Pusat grosir cirebon (PGC) adalah pusat perbelanjaan favorit Cirebon untuk berbelanja baju dan elektronik handphone. Setiap hari terutama pada hari - hari sabtu dan minggu serta hari - hari menjelang hari raya, PGC laris manis diserbu para pecinta fashion warga Cirebon dan sekitarnya. Lokasinya yang strategis dan harganya yang murah menjadikan PGC sebagai pusat perbelanjaan yang wajib dikunjungi para pelancong dari luar kota.

• 9. Asia plaza
Asia plaza menyediakan berbagai macam kebutuhan lengkap sehari - hari warga Cirebon dan sekitarnya. merupakan pilihan yang tepat untuk berbelanja.

• 10. Surya plaza
Surya plaza menyediakan berbagai macam kebutuhan lengkap sehari - hari warga cirebon dan sekitarnya. merupakan pilihan yang tepat untuk berbelanja.

• 11. Cirebon Mall
Beralamat di Jl Syarief Abdurahman 159 Kota Cirebon. Cirebon Mall memiliki berbagai macam toko - toko seperti toko baju, KFC, Ramayana, Toko Buku Gunung Agung, toko buku yang menyediakan berbagai macam buku dan keperluan warga cirebon, dan bioskop 21 yang memiliki berbagai macam film - film terbaru baik itu luar negeri maupun dalam negeri.

• 12. Ace Hardware Cirebon
Beralamat di Jl. Syarief Abdurachman No. 36A kota Cirebon. Ace Hardware Cirebon adalah sebuah toko perkakas modern yang hadir di kota Cirebon. Menyediakan berbagai macam kebutuhan perkakas bagi warga cirebon dan sekitarnya. Karena letaknya yang strategis yakni didepan Cirebon Mall dan berkualitas, menjadikan Ace Hardware Cirebon menjadi tempat tujuan favorit warga Cirebon dan sekitarnya seperti Indramayu, Kuningan, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, dan Majalengka untuk membeli berbagai macam perkakas.

• 13. Ramayana di Cirebon Mall
Bertempat di lantai dua, Cirebon Mall. Ramayana menyediakan berbagai macam kebutuhan seperti pakaian, aksesori, sepatu, dan lain - lain. Ramayan menjadi salah satu tempat tujuan para pecinta fashion warga Cirebon.

• 14. Matahari di Grage Mall
Bertempat di lantai satu dan dua, grage mall. Matahari menyediakan berbagai macam kebutuhan fashion lengkap bagi warga Cirebon. Matahari menjadi salah satu tempat tujuan para pecinta fashion warga Cirebon.
Transportasi
Kota Cirebon sangat beruntung karena terletak di wilayah paling strategis di jantung Pulau Jawa, yakni titik bertemunya jalur tiga kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, dan Semarang. Kota Cirebon adalah salah satu kota yang memiliki semua jenis transportasi. Semua jenis transportasi itu baik transportasi darat, laut, dan udara saling berintegrasi mendukung pembangunan di kota Cirebon.



Transportasi Darat

• 1. Stasiun

Kota Cirebon memiliki dua stasiun besar, Yakni Stasiun Kejaksan dan Stasiun Prujakan. Stasiun Besar kejaksan adalah stasiun terbesar di Kota Cirebon dan merupakan salah satu stasiun terbesar di Pulau Jawa. Dengan gaya Art Deco khas kolonial belanda, stasiun ini melayani hampir semua tujuan kota - kota lainnya baik itu kota besar maupun kota kecil di pulau jawa

• 2. Terminal
Kota Cirebon memliki terminal besar Harjamukti, letaknya di jalan By Pass Kota Cirebon. Terminal ini melayani tujuan ke atau dari kota Cirebon
Transportasi Laut

• 1. Pelabuhan Cirebon
Kota Cirebon memiliki Pelabuhan Laut nasional dengan nama Pelabuhan Cirebon. Saat ini hanya digunakan untuk pengangkutan batu bara dan kebutuhan pokok dari pulau-pulau lain di Indonesia. Saat ini sedang dikembangkan untuk dijadikan pelabuhan laut internasional sehingga wisatawan asing yang hendak berkunjung ke Cirebon dapat dengan mudahnya menggunakan pelabuhan ini.

Transportasi Udara
• 1. Bandar Udara Cakrabuana

Saat ini Kota Cirebon memiliki bandara Cakrabuana. Dahulu melayani tujuan dari dan ke kota Jakarta. Namun saat ini Bandara Cakrabuana hanya dijadikan sebagai bandara pengumpan/tempat latihan militer

• 2. Bandar Udara Internasional Kertajati di kabupaten Majalengka
Pemerintah Provinsi Jawa Barat saat ini sedang membangun bandar udara terbesar di Propisi Jawa Barat di kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, sebuah bandara yang akan menjadi kebanggaan warga Jawa Barat termasuk Kota Cirebon. Warga Jawa barat termasuk Kota Cirebon telah menantikan kehadiran sebuah bandar udara baru kelas Internasional untuk mendukung seluruh aspek perekonomian Jawa Barat baik itu aspek wisata maupun perdagangan. Kabupaten Majalengka masuk dalam Wilayah III Cirebon. Karena jaraknya hanya sekitar 30 km dari pusat kota Cirebon, atau 70 km dari pusat kota Bandung menjadikan Bandar Udara Internasional Kertajati adalah sebuah pilihan istimewa untuk menuju Kota Cirebon. Bandar Udara Kertajati menempati area seluas 1300 Hektare di wilayah Kabupaten Majalengka yang merupakan hinterland/kota penyangga dari Kota Cirebon.